Outlook

WH Project Outlook 2 April 2020

IHSG ditutup meurun sebesar -72.89 poin (-1.60%) menuju 4466.03 pada perdagangan hari Rabu 1 April 2020.

APRIL FOOLS DI PASAR MODAL

Grafik pergerakan IHSG.

IHSG pun bisa nge-prank. Dari hijau menjadi merah hanya dalam pergantian sesi. Jika melihat penyebabnya, maka akan ditemukan penurunan Dow Futures yang lagi-lagi di drive oleh Corona adalah biang kerok-nya, dan seperti biasanya, karena IHSG sedang rentan terhadap sentimen eksternal maka jika Dow menurun IHSG pun ikut.

Apalagi semalam, Dow menurun kembali 900 poin, idealnya saat ini Anda berpikir IHSG pun bisa trading halt hari ini. Namun jika kita mengerti bahwa di pasar modal seringkali ada Easter Egg seperti kejadian IHSG kemarin, maka jangan kaget jika ada kemungkinan juga IHSG bergerak normal, atau menurun terbatas. Seperti yang kami sampaikan kemarin, kondisi secara teknikal sudah memenuhi untuk rebound, kecuali indikator tersebut dimanipulasi. Pun, mereka sudah sukses meyakinkan kita bahwa 2 hal bisa terjadi hari ini, turun signifikan atau biasa saja.

Yang penting untuk sementara ini (tema kasus Corona) di pasar modal adalah perhatikan arus dana asing pada saham-saham blue chips. Sejauh ini hanya BBCA yang konsisten dibeli oleh asing, yang lainnya berubah-ubah. Nampaknya BBCA akan dipakai untuk menjaga indeks habis-habisan, atau hanya fund manager yang cukup nekat karena berpikir BBCA tidak akan kena imbas dari Corona.

Lalu, bagaimana dengan IHSG hari ini?

Setelah penjelasan di atas, sewajarnya IHSG mengalami efek kejut dulu pada awal perdagangan, hal ini wajar karena melihat penurunan Dow yang cukup parah.

IHSG VIEW

IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dalam range 4200 – 4760.

REKOMENDASI SAHAM

Saham-saham yang dapat diperhatikan untukĀ tradingĀ hari ini (secara teknikal): SSMS HRUM MLIA CARE.

Follow our Telegram channel, click t.me/whprojectoutlook to find more stock recommendation and news (updated on real time market).

Semoga bermanfaat, happy trading!