Outlook

WH Project Outlook 11 Desember 2018

IHSG ditutup menurun sebesar 14.99 poin (-0.24%) menuju level 6111.36 pada perdagangan hari Senin 10 Desember 2018.

YANG MANA LANGKAH INVESTOR ASING KE DEPANNYA?

Kami menemukan hal menari dalam obrolan forum-forum saham terkait pandangan mereka terhadap IHSG dan penuruannya yang menipis cenderung di zona hijau sedangkan AS babak belur. Permasalahan utama adalah beberapa pihak memaksakan teori bahwa yield yang mengalami inversi di AS akan membawa krisis. Pihak lainnya menilai Indonesia tidak terpengaruh, buktinya dari IHSG. Pihak terakhir menyambungkan dengan pergerakan investor asing.

Investor asing tercatat melakukan nett sell selama beberapa hari terakhir. Mundur teratur, beberapa pelaku pasar mulai menduga-duga bahwa investor asing sedang memainkan saham-saham blue chips agar IHSG terlihat aman, dan perlahan mereka take profit. Memang, argumen ketiga ini paling mendekati benar.

Namun sudut pandang kami netral, kami menilai bahwa asing memang take profit, namun di saat bersamaan juga mereka masih terus menjaga IHSG dengan memanfaatkan arus dana yang sama, hal ini bertujuan karena mereka masih window dressing dan memang ada tujuan take profit. Pada akhirnya sudut pandang kami netral, apapun yang investor asing lakukan, mari kita melihat fakta juga bahwa seberapa besar mereka take profit, keberadaan mereka tetap menjadi tonggak IHSG sehingga tetap kokoh di tengah “badai”.

Lalu, bagaimana dengan IHSG hari ini?

Secara teknikal IHSG membentuk pola hammer, pola ini adalah pola yang mengindikasikan rebound. Sehingga dari pola tersebut bisa dikatakan peluang pergerakan IHSG hari ini adalah rebound.

IHSG VIEW

IHSG berpotensi menguat dalam range 6050 s/d 6150.

REKOMENDASI SAHAM

Saham-saham yang dapat diperhatikan untuk trading hari ini: PTSN, MAIN, MAMI, TLKM.

Ngga peduli dengan tren, cuan ya cuan aja! Ingin trading harian tanpa melihat tren seolah SETIAP HARI adalah peluang untuk profit? Gunakan SAMSUL Stock Screener! Info dan paket berlangganan klik di sini.

Follow our Telegram channel, click t.me/whprojectoutlook to find more stock recommendation and news.

Semoga bermanfaat, happy trading!